Senin, 20 Maret 2023

Panen Raya Padi, Masyarakat Desa Nyapar Lakukan Secara Gotong Royong

 


Para petani Desa Nyapar Kecamatan Dasuk akhir-akhir ini mulai memanen padi di Sawah. Padi merupakan tanaman pokok pertanian bagi masyarakat di Desa sehingga panen padi merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh para petani Kecamatan Dasuk. Senin, 20 Maret 2023.


Para Petani menyambutnya dengan suka cita dan penuh rasa syukur. Akhirnya mereka bisa melewati proses menanam padi disaat cuaca yang tak menentu seperti air hujan yang hampir setiap hari mengguyur hingga angin kencang disertai petir pun perna melanda. Rasa was-was dan khawatir selama ini telah hilang saatnya siap memanen padi. Tanda padi siap panen adalah berwarna kuning. Laki-laki maupun perempuan kompak turun ke sawah walaupun ditengah sinar matahari yang menyengat. Panas taklagi dirasa, lintah yang biasanya bisa menggigit kakinya mereka saat disawah hingga cangkang keong yang tajam bisa melukai kaki mereka pun tak takut untuk mereka hadapi. Semangat dan kerja keras mereka saat memanen padi patut dicontoh bagi kita semua. Tanpa ada petani tidak ada beras untuk kebutuhan pokok sehari-hari kita.



Sebagian besar petani Desa Nyapar memanfaatkan hasil panen padi sebagai cadangan pangan sehingga masyarakat akan merasa tenteram karena kebutuhan pangan sudah tersedia. Baru pada saat panen berikutnya atau persediaan pangan dianggap cukup masyarakat menjual sebagaian hasil panennya. Semoga panen kali ini membawa berkah bagi petani di Desa Nyapar sehingga kebutuhan pangan di Desa Nyapar dapat tercukup dan melimpah sekaligus dapat meningkatkan perekonomian para petani di Desa Nyapar dari bidang pertanian. (Mila)

0 komentar

Posting Komentar