Jumat, 05 Agustus 2022

Nyapar Terima Penghargaan Desa Cantik

 


Salah satu program yang akan dilaksanakan BPS di tahun 2022 adalah Pembinaan Desa Cantik. Yaitu Desa Cantik, Desa Cinta Statistik. Pembinaan statistik sektoral di tingkat desa secara berkesinambungan dan komprehensif. Program ini telah dilaksanakan di tahun 2021 dan dilaksanakan kembali di tahun 2022.

Tujuan umum dari program ini adalah untuk meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa/kelurahan dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik. Tujuan berikutnya yaitu Standarisasi Pengelolaan Data Statistik untuk menjaga kualitas dan keterbandingan indikator statistik. Selanjutnya adalah optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik sehingga program pembangunan di desa/kelurahan tepat sasaran. Tujuan yang terakhir adalah untuk membentuk agen agen statistik pada level desa/kelurahan.

Program Desa Cantik ini akan dilaksanakan pada tingkat desa dengan beberapa kriteria yang sudah ditentukan. Diantaranya yaitu keberadaan komputer atau internet di kantor desa/kelurahan  serta memiliki potensi wisata atau potensi produk unggulan.

Kabupaten Sumenep Telah mencanangkan 5 Desa Cantik (Desa Cinta Statistik), salah satunya adalah Desa Nyapar Kecamatan Dasuk. Kegiatan pencanangan Desa Cantik dilaksanakan di Aula Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sumenep yang dalam kegiatan ini turut hadir Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Sumenep Ribut Hadi Candra, Kepala BAPPEDA Kabupaten Sumenep, Kepala Diskominfo Kabupaten Sumenep beserta undangan, Kamis (4/08/2022).

Dalam paparannya Kepala BPS menyampaikan bahwa perlu dukungan dari seluruh pihak dalam mensukseskan program Desa Cantik ini. Tidak cukup dari BPS sebagai leading sektor dalam pengembangan statistik saja, namun program ini juga perlu dukungan dari pemerintah mulai dari pemerintah pusat, daerah hingga pemerintah desa serta masyarakat. Dengan dukungan dari semua pihak diharapkan program ini dapat berjalan sukses dan pada gilirannya dapat memberikan sumbangsih terhadap pembangunan Indonesia. Kini saatnya desa bersolek dengan data dan potensi yang dimiliki sehingga menjadi Desa Cantik nan mempesona. (Mila)


1 komentar

  1. Small modifications could make an enormous distinction and slicing a couple of of} seconds out of your Newsboy Hats for Men cycle time can translate into big savings when you’re producing tens of millions of parts. Different manufacturing methods like CNC don’t require uniform wall thickness at all. Injection molding produces low scrap charges relative to conventional manufacturing processes like CNC machining which cut away substantial percentages of an original plastic block or sheet. This however often a|could be a} adverse relative to additive manufacturing processes like 3D printing which have even lower scrap charges. Plus, with 45,000 molds to choose from|to choose from}, it provides one of the largest ranges of plastic components on the market.

    BalasHapus


EmoticonEmoticon